Sunday, May 11, 2008

Run PHP Mail Function From Windows Server


Sebelumnya saya telah terbiasa membuat contact form dengan PHP yang mana kemudian saya jalankan ditempat hosting saya yang tentunya berbasis Linux. Namun ternyata terdapat perpedaan ketika aplikasi contact form yang saya buat saya jalankan di Server Windows yang menggunakan Apache sebagai web servernya.

Sempet saya memperbandingkan antara free php contact form yang download dengan yang saya buat sendiri dan saya kemudian saya jalankan pada server Windows tersebut, ternyata hasilnya sama. Namun, lagi-lagi Uncle Google membantu saya, ok berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat contact form yang akan dijalankan pada sistem Windows.


  1. Editlah file php.ini - Pada file php.ini carilah baris SMTP = localhost, gantilah localhost dengan stmp mail server anda atau bisa juga smtp isp anda. Kemudian aktifkan baris berikutnya sendmail_from = me[@]example.com dan ganti dengan salah satu account dimail server anda, misal admin[@]yourdomain.com.

  2. Filter newline pada script PHP - biasanya pada contact form kita menggunakan \n untuk membuat ganti baris pada message body, nah untuk penggunaan di Windows Server kita harus menggantinya dengan \r\n. Sederhana memang, namun hal ini sangat menentukan function mail dapat mengirimkan pesan kita. Untuk melakukan filter, kita bisa gunakan function berikut str_replace("\n","\r\n",$message)


Selamat Mencoba!
Credit Image : people.csail.mit.edu

1 comment:

chris said...

bukannya .ini tidak jalan di linu =x y mas..:D